Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Puluhan Jemaah Umroh Asal Probolinggo Terlantar di Madinah

Rabu, 15 Mei 2019 19:49 WIB


Travelumroh - Puluhan jemaah umroh asal Desa Ambulu, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, dikabarkan terlantar di Madinah, Arab Saudi.

Seperti dikutip Wartabromo.com, salah satu keluarga dari jemaah itu, Badrus Sholeh mengatakan jumlah jemaah yang terlantar itu sekitar 32 orang termasuk adik dan orangtuanya.

Menurutnya, mereka berangkat bersama biro travel umroh PT Shabilla Ebaldo Utama asal Sidoarjo. Biaya yang dikenakan selama 9 hari sebesar Rp 22,5 juta dengan membayar Down Payment berkisar Rp 6,5 juta – Rp 10 juta.

“Para jemaah tak tahu lewat siapa mereka berangkat. Yang jelas, sudah mereka membayar DP dulu kepada seorang bernama Mursida, warga Gending. Metode pembayarannya berbeda-beda,” ujar Badrus Sholeh, Selasa (14/5/2019).

Selain itu, kata dia, berdasarnya rencana sebelumnya para jemaah ini diberangkatkan bersamaan. Namun, para jemaah ternyata dibagi dalam dua kloter dengan alasan kehabisan tiket.

Kloter pertama sebanyak 14 orang berangkat 2 Mei dan direncanakan pulang pada 9 Mei. Sedangkan kloter dua ada 18 orang, berangkat 6 Mei dan pulang pada 12 Mei.

“Adik saya berangkat duluan, ikut kloter pertama. Orang tua saya kloter kedua. Seharusnya, kloter pertama pulang Kamis dan orang tua saya Minggu lalu. Tapi, ternyata adik saya tidak bisa pulang. Bapak-ibu saya juga nggak bisa pulang, bahkan mereka sempat tertidur di luar hotel,” jelasnya.

Tak hanya itu, ia menjelaskan pendamping dari travelnya sendiri menghilang di Medinah hingga para jemaah terlantar dan mendapatkan hotel.

Untungnya, kata dia, para jemaah dibantu sebuah travel dari Medan. Mereka (para jemaah) kemudian dibawa ke sebuah losmen di daerah Misfalah.

“Mereka membayar sendiri biaya penginapannya,” ungkap Badrus.

Badrus lalu menegaskan, dirinya berniat melaporkan masalah ini ke Polres Probolinggo Kota. (brvs)

Artikel Terkait
Jemaah Haji Gelombang Dua Bakal Berangkat 20 Juli
Jemaah haji gelombang kedua akan mulai memasuki Arab Saudi, pada 20 Juli 2019 besok.

19 Juli 2019
Kemenag: Perjalanan Haji Gelombang Pertama Lancar
"Sejauh ini tidak ada kendala yang berarti selama proses pemberangkatan jemaah haji gelombang I."

19 Juli 2019
© 2019 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.