Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Klansah, Tradisi di Lombok yang Rutin Dibuat Jelang Keberangkatan Haji

Selasa, 11 Juni 2019 19:47 WIB


Travelumroh – Umat Muslim di Lombok, NTB memiliki sebuah tradisi yang dilakukan setiap tahun jelang keberangkatan haji.

Tradisi itu adalah Klansah, membuat tenda di depan rumah untuk calon jemaah haji.

Seperti dikutip dari Kompas.com, di Desa Darek, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pembuatan klansah biasanya mulai dikerjakan selesai lebaran idul fitri, atau dua bulan sebelum pelaksanaan ibadah haji.

Untuk pembuatannya, masyarakat mengerjakannya dengan cara bergotong royong. Bahan klansah terdiri dari bambu sebagai tiangnya dan daun kelapa sebagai atapnya.

Selesai membuat klansah, masyarakat juga membuat gempeng atau pagar dari bambu yang mengelilingi rumah jamaah haji, pembuatan gempeng ini juga menandakan bahwa area yang dipasangkan gempeng merupakan penanda kediaman jemaah haji.

Biasanya warga setempat mengerjakan pembuatan tenda tradisional ini selama kurang lebih satu minggu, dengan ukuran menyesuaikan dengan halaman rumah milik calon jamaah haji.

“Biasanya kami membuat klansah itu paling lama sekitar seminggu, cuma yang paling lama itu hanya proses penganyaman daun kelapa sebagai atap,” Ungkap Salim (45) warga asal dusun Tanggong, Desa Darek, Senin (10/6/2019).

Di bawah klansah atau tenda tradisional inilah nanti para warga akan bersama-sama membacakan Al Barzanji dan doa dilakukan selama 9 hari untuk keselamatan para jemaah haji jika sudah sampai di tanah suci Mekah.

“Nanti selama 9 hari aka diadakan doa bersama oleh masyarakat untuk keselamatan para jamaah haji,” kata Salim usai menganyam daun kelapa. (brvs)

Artikel Terkait
Persiapan Jemaah di Jambi Tetap Berjalan di Tengah Ketidakpastian Ibadah Haji 2020
"Semuanya kita persiapkan mulai dari manasik hingga persiapan lainnya seperti cek kesehatan dan pembuatan paspor yang masih berlangsung."

29 Mei 2020
Jokowi Bakal Putuskan Haji 1441 H pada Juni 2020
“Awal Juni, Jokowi akan diputuskan berangkat haji atau tidak. Namun harapan kita ibadah haji tetap berjalan dan normal.”

29 Mei 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.