Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Ini Penyebab Jemaah Haji Kelelahan Hingga 6 Orang Wafat di Mina

Senin, 12 Agustus 2019 18:15 WIB


Travelurmoh – Sejumlah jemaah mengalami kelelahan dan 6 orang di antara mereka dikabarkan meninggal di Mina, hingga Minggu (11/8/2019), pada fase Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

Seperti dikutip dari Liputan6.com, Direktur KKHI Madinah, Amsyar Akil mengatakan, penyebab utamanya adalah cuaca panas dan perjalanan ke lokasi jumroh yang sangat jauh hingga jemaah mengalami dehidrasi dan heartstroke.

"Dari pintu sini Klinik Kesehatan Haji Indonesi (KKHI) ke Jamarat mencapai sekitar 2 kilometer. Total bolak-balik sekitar 5 kilometer. Jarak terjauh adalah Mina Jadid, bisa 10 kilometer bolak-balik," kata Amsyar Akil.

Ia melanjutkan, pada pukul 23.00 waktu Arab Saudi (WAS), KKHI di Mina terlihat banyak pasien dirawat. Beberapa terbaring lemah dan masih dalam perawatan. Tim kesehatan yang terdiri dari perawat dan dokter tampak terus menangani pasien.

"Sampai malam ini (Minggu) 182 jemaah dirawat di posko, 21 dirujuk ke rumah sakit," ujar Juru Bicara Pos Kesehatan Mina, Nila Gading di Mina.

Menurutnya, jemaah haji sakit dirujuk ke Rumah Sakit Mina Al Wadi. Sementara yang masih dalam perawatan KKHI yang berlokasi di Maktab 50 sebanyak enam orang.

Untuk sisanya diperbolehkan pulang ke maktab karena dinilai membaik. (brvs)

Artikel Terkait
Terlalu Banyak Bahas Regulasi, Materi Manasik Haji Mesti Disederhanakan
"Jemaah saat haji inginnya fokus dengan ibadahnya, jangan dibebankan materi tentang regulasi."

06 Desember 2019
Bandara Kertajati Jadi Embarkasi Haji Mulai Tahun 2020
“Kami sepakat bahwa tahun ini kami harus langsung memberangkatkan jemaah dari Bandara Kertajati. "

06 Desember 2019
© 2019 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.