Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Hingga Ibadah Haji 2019 Usai, 450 Jemaah Haji Wafat

Senin, 16 September 2019 17:44 WIB


Travelumroh – Merujuk pada data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, hingga di hari akhir pemulangan, sebanyak 450 jemaah haji wafat di Arab Saudi.

Jemaah haji yang meninggal di Arab Saudi tersebut berasal dari reguler dan haji khusus.

Selain itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019, hingga kemarin jemaah haji yang masih dirawat di Arab Saudi sebanyak 74 orang.

Jumlah tersebut terbagi di Klinik Kesehatan Haji (KKHI) Madinah 8 orang dan Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) baik di Mekah dan Madinah sebanyak 66 orang.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Jeddah-Madinah Arsyad Hidayat, mengatakan, bagi jemaah haji sakit akan terus dalam pemantauan PPIH.

Menurutnya, PPIH bersama dengan instansi lain seperti Kantor Urusan Haji (KUH) dan Konsul Jenderal Indonesia di Jeddah akan terus memantau kondisi jemaah haji tersebut. Apabila kondisi jemaah membaik maka selanjutnya akan dipulangkan ke Tanah Air. 

"Mereka juga akan melakukan visitasi, mengecek dan memonitor jemaah. Ketika kondisinya sudah membaik sesegera langsung dipulangkan ke tanah air," katanya.

Untuk diketahui, seluruh kelompok terbang (kloter) jemaah haji Indonesia sudah kembali ke Tanah Air. Jemaah asal Embarkasi Banjarmasin 19 (BDJ-19) menjadi yang terakhir pulang ke Indonesia, pada 15 september 2019. (brvs)

Artikel Terkait
Ini Salah Satu Keluhan Jemaah Terkait Pelayanan Haji 2019
“Yang menjadi PR adalah di Armuzna. Jadi mereka menunggu waktu yang tidak pasti sampai bus itu datang.”

22 Oktober 2019
Daftar Tahun Ini, Jemaah Kalsel Baru Berangkat Haji 30 Tahun Mendatang
“Jadi perkiraan sampai 30 tahun sekarang ini sudah antrean haji daerah kita, ini dengan kuota haji setiap tahunnya sebanyak 4.155 orang."

22 Oktober 2019
© 2019 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.