Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Daftar Tunggu Haji Kabupaten Pangkep, Sulsel Hingga 41 Tahun

Kamis, 19 September 2019 19:01 WIB


Travelumroh - Pendaftaran ibadah haji di 24 Kabupaten di Sulawesi Selatan, resmi dibuka Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Selatan belum lama ini.

Seperti dilansir Kompas.com, Kepala seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kanwil Agama Sulsel Saifuddin mengatakan, saat ini ada puluhan ribu jemaah yang telah mendaftar dan berada di daftar tunggu.

Yang terlama, kata dia, berada di Kabupaten Pangkep dengan waktu tunggu 41 tahun. 

"Dari 24 Kabupaten yang ada, Kabupaten Pangkep menjadi yang paling lama daftar tunggunya dengan lama 41 tahun," kata Saifuddin, saat dikonfirmasi, Kamis (19/9/2019).

Saifuddin mengatakan, bila warga di Kabupaten Pangkep mendaftar di tahun 2019, maka ia baru akan berangkat haji pada tahun 2060 mendatang.

Begitupun dengan warga Pangkep yang di usia 20 tahun mendaftar ibadah haji, maka warga tersebut baru berangkat saat usianya 61 tahun. 

Menurutnya, daftar tunggu di daerah tersebut sangat lama karena jumlah kuota haji di provinsi ini sangat terbatas. Sedangkan tiap tahunnya, warga yang mendaftar haji sangat banyak hingga puluhan ribu. 

"Lamanya daftar tunggu di Sulsel karena jumlah kuota haji yang terbatas dan banyaknya warga yang mengantre untuk berangkat ke Tanah Suci," imbuhnya.

Selain di Kabupaten Pangkep, daerah kedua yang memiliki daftar tunggu terlama ialah Kabupaten Soppeng dengan masa tunggu 40 tahun.

Setelahnya ada Kabupaten Bone dengan 39 tahun, Enrekang 38 tahun, Barru 35 tahun, Bantaeng, Pinrang, dan Toraja Utara dengan masa tunggu 34 tahun. 

Sementara, Kota Makassar memiliki masa tunggu selama 21 tahun. Kabupaten Toraja Utara dan Luwu Timur menjadi dua daerah yang paling singkat masa tunggunya dengan waktu 19 tahun. (brvs)

 

Artikel Terkait
Asrama Haji Diimbau untuk Terapkan Strategi Pemasaran Berbasis Online
"Di era 4.0, Asrama haji sudah harus menerapkan strategi pemasaran online."

22 Januari 2020
Menag: Petugas Haji Harus Bertanggung Jawab dan Amanah
“Utamakan petugas yang memiliki sifat amanah, tanggung jawab, serta memiliki rasa kebersamaan.”

22 Januari 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.