Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Menag Berharap Jemaah Haji Bisa Meningkatkan Kualitas Bangsa

Kamis, 10 Oktober 2019 17:41 WIB


Travelumroh – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin berharap jemaah haji yang sudah kembali dari tanah suci berkontribusi dalam meningkatkan kualitas bangsa.

"Jadi jemaah haji kita yang jumlahnya terbanyak setiap tahunnya itu, diharapkan memiliki dampak sosial yang positif juga sepulangnya ke tanah air," kata Lukman, saat membuka Rakernas Evaluasi Haji 1440H/2019M, di Jakarta, Selasa (08/10).

Selain itu, ia juga mencanangkan 2020 menjadi tahun Peningkatan kualitas manasik haji. Untuk itu, jemaaah perlu memiliki pengetahuan lengkap tentang pelaksanaan haji.

Menurut Lukman, pengetahuan haji tidak hanya kaifiyah manasik saja tapi juga soal filosofi haji dimana ada makna lebih mendalam seperti tawaf, sai dan wukuf haji.

“Sehingga setiap jemaah haji setelah berhaji wawasannya bertambah. Kemabruran harus mewujud meningkatkan kulaitas mansik haji sehingga kedepannya juga berkorelasi positif untuk kualitas bangsa keseluruhan,” ujarnya.

"Kita ingin ada peningkatan setelah hal-hal yang bersifat fisik, maka kita harus menambah kualitas penyelenggaraan ini dengan kepuasan non fisik," lanjutnya. (brvs)

Artikel Terkait
Ini Salah Satu Keluhan Jemaah Terkait Pelayanan Haji 2019
“Yang menjadi PR adalah di Armuzna. Jadi mereka menunggu waktu yang tidak pasti sampai bus itu datang.”

22 Oktober 2019
Daftar Tahun Ini, Jemaah Kalsel Baru Berangkat Haji 30 Tahun Mendatang
“Jadi perkiraan sampai 30 tahun sekarang ini sudah antrean haji daerah kita, ini dengan kuota haji setiap tahunnya sebanyak 4.155 orang."

22 Oktober 2019
© 2019 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.