Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Bahas Manajemen Haji dan Umroh, ‘Buku Formula 5-5-3’ Dirilis

Senin, 21 Oktober 2019 13:37 WIB


Travelumroh – Kementerian Agama (Kemenag) merilis sebuah buku berjudul ‘Formula 5-5-3 Dalam Manajemen Haji’ di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (18/10) lalu.

Buku ini merupakan karya seorang dosen Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan dosen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Helmi Hidayat.

Seperti dikutip dari laman Kemenag, perilisan buku saat itu dilanjutkan dengan acara bedah buku.

Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya mengatakan Buku Formula 5-5-3 Manajemen Haji layak menjadi referensi dalam pelayanan haji Indonesia.

"Saya merasa bersyukur buku ini akhirnya hadir di tengah kita,” ujarnya.

"Pesan saya, mohon dikritisi setajam tajamnya agar ada masukan demi pelayanan haji di masa mendatang yang lebih baik," sambungnya.

Ia juga menjelaskan, buku Formula 5-5-3 ini sebenarnya berisi sebuah tradisi petugas haji Indonesia dalam melayani jemaah haji khususnya jelang puncak haji yaitu pra wukuf, wukuf dan pasca wukuf.

"Jadi sebenarnya setiap jelang puncak haji kita selalu mengumpulkan seluruh petugas haji di Makkah untuk bersiap menuju Arafah. Pada saat itulah kita mempunyai tradisi yakni pembekalan kepada seluruh petugas haji," lanjutnya.

"Semuanya berbicara bagaimana soal pelayanan haji kita. Dan saya selalu mendapat kesempatan berbicara di paling akhir dengan memaparkan secara spesifik yang tentunya menjadi cermatan petugas," lanjutnya.  

Sementara itu, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nizar Ali mengapresiasi terciptanya buku ini.

"Terima kasih kepada Helmi Hidayat yang telah mengeluarkan ide ide dalam buku ini. Buku ini sangat penting bagi panitia, petugas haji dan masyarakat Indonesia," ujar Nizar Ali.

Menurutnya, dengan buku ini publik akan mengetahui bagaimana totalitas Menag dan jajarannya dalam memimpin dan memberi pelayanan ibadah haji lewat berbagai inovasi. 

"Ide inovatif itu lah yang disebut formula 5-5-3. Buku ini sangat luar biasa dan merupakan jejak rekam pelayanan ibadah haji yang dipimpin oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin," ujar Nizar. (brvs)

Artikel Terkait
Wajib Tahu! Ini Menu Makanan Lokal di Musim Haji 2020
BPKH sudah menyiapkan daftar menu makanan lokal untuk jemaah Indonesia di musim haji 2020.

15 November 2019
Menag Berupaya Haji 2020 Lebih Baik dan Murah
"Kita semua bertekad sama bahwa nanti 2020 harus lebih baik lagi dan lebih murah lagi."

15 November 2019
© 2019 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.