Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Ini Salah Satu Keluhan Jemaah Terkait Pelayanan Haji 2019

Selasa, 22 Oktober 2019 13:57 WIB


Travelumroh – Meski survei Badan Pusat Statistik (BPS) terkait kepuasan jemaah haji 2019 meningkat, masih ada beberapa keluhan yang mesti menjadi pusat  perhatian pemerintah.

Salah satunya adalah keluhan dari para jemaah mengenai keterlambatan bus.

Menurut Kepala BPS Suhariyanto, khusus di Armuzna para jemaah beberapa kali merasakan ketidakpastian kedatangan bus.

“Yang menjadi PR adalah di Armuzna. Jadi mereka menunggu waktu yang tidak pasti sampai bus itu datang,” kata Suhariyanto.

Ia pun berharap, pada musim haji berikutnya kekurangan ini perlu dibenahi.

Sebelumnya,  BPS merilis bahwa indeks kepuasan penyelenggaraan ibadah haji 2019 sebesar 85,91 persen. Angka ini tertinggi sepanjang pelaksanaan ibadah haji pada 2010.

Suhariyanto mengatakan tingkat kepuasan jemaah haji pada 2010 hingga 2014 fluktuatif. Hingga 2015 sampai 2019 angka kepuasan jemaah terus meningkat.

Aspek penilaian terhadap survei tersebut mencakup tujuh variabel yakni pelayanan petugas haji, pelayanan ibadah, pelayanan transportasi bus, pelayanan akomodasi, pelayanan katering, pelayanan kesehatan, dan pelayanan lain-lain. (brvs)

Artikel Terkait
Persiapan Jemaah di Jambi Tetap Berjalan di Tengah Ketidakpastian Ibadah Haji 2020
"Semuanya kita persiapkan mulai dari manasik hingga persiapan lainnya seperti cek kesehatan dan pembuatan paspor yang masih berlangsung."

29 Mei 2020
Jokowi Bakal Putuskan Haji 1441 H pada Juni 2020
“Awal Juni, Jokowi akan diputuskan berangkat haji atau tidak. Namun harapan kita ibadah haji tetap berjalan dan normal.”

29 Mei 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.