Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Ini Salah Satu Keluhan Jemaah Terkait Pelayanan Haji 2019

Selasa, 22 Oktober 2019 13:57 WIB


Travelumroh – Meski survei Badan Pusat Statistik (BPS) terkait kepuasan jemaah haji 2019 meningkat, masih ada beberapa keluhan yang mesti menjadi pusat  perhatian pemerintah.

Salah satunya adalah keluhan dari para jemaah mengenai keterlambatan bus.

Menurut Kepala BPS Suhariyanto, khusus di Armuzna para jemaah beberapa kali merasakan ketidakpastian kedatangan bus.

“Yang menjadi PR adalah di Armuzna. Jadi mereka menunggu waktu yang tidak pasti sampai bus itu datang,” kata Suhariyanto.

Ia pun berharap, pada musim haji berikutnya kekurangan ini perlu dibenahi.

Sebelumnya,  BPS merilis bahwa indeks kepuasan penyelenggaraan ibadah haji 2019 sebesar 85,91 persen. Angka ini tertinggi sepanjang pelaksanaan ibadah haji pada 2010.

Suhariyanto mengatakan tingkat kepuasan jemaah haji pada 2010 hingga 2014 fluktuatif. Hingga 2015 sampai 2019 angka kepuasan jemaah terus meningkat.

Aspek penilaian terhadap survei tersebut mencakup tujuh variabel yakni pelayanan petugas haji, pelayanan ibadah, pelayanan transportasi bus, pelayanan akomodasi, pelayanan katering, pelayanan kesehatan, dan pelayanan lain-lain. (brvs)

Artikel Terkait
Wajib Tahu! Ini Menu Makanan Lokal di Musim Haji 2020
BPKH sudah menyiapkan daftar menu makanan lokal untuk jemaah Indonesia di musim haji 2020.

15 November 2019
Menag Berupaya Haji 2020 Lebih Baik dan Murah
"Kita semua bertekad sama bahwa nanti 2020 harus lebih baik lagi dan lebih murah lagi."

15 November 2019
© 2019 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.