Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Perpendek Masa Tunggu Ibadah Haji, Wakil Ketua MPR RI Anjurkan 3 Hal Ini!

Senin, 02 Desember 2019 17:35 WIB


Travelumroh.id – Masa tunggu ibadah haji bagi Jemaah Indonesia sangat panjang. Provinsi Sulawesi Selatan, misalnya, masa tunggu haji hampir mencapai 40 tahun.

Menurut Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW), ada tiga kiat yang bisa memperpendek masa tunggu haji.    

Hal tersebut ia sampaikan di hadapan ratusan anggota Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) yang datang dari berbagai daerah saat mengikuti Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-15 di Jakarta pada Sabtu (30/11/2019).

HNW mengatakan, pertama adalah mendorong Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk menggelar konferensi tingkat tinggi guna membahas kuota haji.

"Dulu penetapan kuota haji dilakukan oleh OKI saat menggelar konferensi di Amman, Jordania, pada tahun 1987," ujar HNW dalam keterangan tertulis, Minggu (1/12/2019).

HNW mengatakan, saat itu dalam konferensi di Amman, dihitung satu orang per seribu penduduk.

Namun, menurutnya, aturan tersebut sudah tidak tepat sebab perekonomian umat Islam semakin meningkat, da infrastruktur serta fasilitas di Arab Saudi makin baik.

"Untuk itulah perlu digelar KTT OKI untuk membahas kembali masalah kuota haji," ucap HNW.

Kedua, kata dia, kekosongan kuota di beberapa Negara Islam, baik yang dalam kondisi damai maupun sedang konflik bisa digunakan oleh calon jemaah haji dari Indonesia.

"Di Suriah lagi terjadi konflik, nah kuota yang tidak dimanfaatkan bisa digunakan oleh calon jemaah haji kita," paparnya.

Terakhir, kuota haji yang tidak digunakan oleh jemaah haji di beberapa Negara ASEAN seperti Thailand dan Filipina bisa digunakan oleh calon jemaah haji Indonesia.

"Dengan melakukan pendekatan diplomasi antaranggota ASEAN maupun diplomasi bilateral, kuota yang ada mending digunakan untuk calon jemaah haji dari Indonesia secara sah daripada digunakan oleh pihak lain yang selanjutnya menimbulkan masalah," ucapnya. (brvs)

Artikel Terkait
Terlalu Banyak Bahas Regulasi, Materi Manasik Haji Mesti Disederhanakan
"Jemaah saat haji inginnya fokus dengan ibadahnya, jangan dibebankan materi tentang regulasi."

06 Desember 2019
Bandara Kertajati Jadi Embarkasi Haji Mulai Tahun 2020
“Kami sepakat bahwa tahun ini kami harus langsung memberangkatkan jemaah dari Bandara Kertajati. "

06 Desember 2019
© 2019 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.