Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Tingkatkan Pelayanan Haji di Mina, Saudi Bangun 60 Ribu Toilet Bertingkat

Selasa, 03 Desember 2019 18:47 WIB


Travelumroh.id – Pemerintah Saudi sudah menanggapi sejumlah permintaan Indonesia untuk meningkat kualitas pelayanan haji di Mina saat musim haji atau umroh.

Salah satunya adalah Saudi akan membangun 60.000 toilet di Mina.

Hal ini terungkap dalam pembahasan MoU Penyelenggaraan Ibadah Haji 1441H/2020M antara Menteri Agama Fachrul Razi dengan Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi Muhammad Saleh bin Thahir Benten di Mekah, Senin 2 Desember 2019, malam.

“Kawasan tenda yang biasa ditempati jemaah haji Indonesia didahulukan pembangunan toilet bertingkatnya,” kata Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis usai mendampingi Razi dalam penandatanganan MoU tersebut.

Menurut Sri Ilham, pembangunan toilet bertingkat ini sangat penting. Di daerah Muzdalifah, misalnya, antrean panjang di depan toilet sudah berkurang.

Usulan tentang pentingnya perbaikan layanan di Mina sudah dimulai sejak pertemuan antara Menteri Agama sebelumnya, Lukman Hakim Saifuddin dengan Gubernur Mekah, Khalid al Faisal bin Abdulaziz di Imarat-Makkah, Mina, 12 Agustus 2019.

Saat itu, Faisal mengatakan sudah membentuk Lembaga atau Dewan Khusus proyek Mina dan Arafah yang diketuai langsung oleh Putra Mahkota, Pangeran Muhammad bin Salman. (brvs)

Artikel Terkait
Terlalu Banyak Bahas Regulasi, Materi Manasik Haji Mesti Disederhanakan
"Jemaah saat haji inginnya fokus dengan ibadahnya, jangan dibebankan materi tentang regulasi."

06 Desember 2019
Bandara Kertajati Jadi Embarkasi Haji Mulai Tahun 2020
“Kami sepakat bahwa tahun ini kami harus langsung memberangkatkan jemaah dari Bandara Kertajati. "

06 Desember 2019
© 2019 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.