Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Ratusan Ustadz Asal Banten Ikuti Sertifikasi Pembimbing Haji

Rabu, 08 Januari 2020 15:32 WIB


Travelumroh.id – Sebanyak 105 orang ustadz asal Banten, Jawa Barat mengikuti sertifikasi pembimbing haji.

Sertifikasi ini digelar oleh Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten bekerjasama dengan UIN Sultan Maulana Hasanuddin.

Sertifikasi bagi pembimbing haji bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi pembimbing ibadah terkait penyelenggaraan haji, tidak hanya aspek ibadah, tapi juga regulasi dan taklimatul haj yang terus berubah sesuai tantangan zaman.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali mengatakan, sertifikasi merujuk pada Undang undang No 8 Tahun 2019.

“Isinya bahwa bahwa Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) bisa memberangkatkan 1 orang pembimbing ibadah haji apabila memenuhi persyaratan antara lain memiliki minimal 135 jemaah dan pembimbing ibadahnya haruslah sudah bersertifikasi," ucap Nizar di Serang, Selasa 7 Januari 2019.

Ia menambahkan, "aspek formal untuk mendapatkan pengakuan yang profesional adalah sertifikasi. Tahun 2020, salah satu syarat menjadi TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia) harus punya sertifikat."

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Provinsi Banten, A. Bazari berharap pelaksanaan sertifikasi tidak semata seremonial, tapi berdampak pada peningkatan profesionalitas pembimbing haji.

"Sertifikasi merupakan tusi dalam penyelenggaraan ibadah haji agar layanan bimbingan ibadah terus meningkat sehingga jemaah bisa beribadah dengan baik. Penyelenggaraan haji merupakan tanggung jawab kita bersama," ujarnya.

Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Fauzul Iman mengatakan, ia berkomitmen untuk membantu peningkatan kapasitas pembimbing ibadah di Banten.

Ia mengaku bahwa “UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menjadi tumpuan penyelenggaraan sertifikasi di Banten. Agar tidak membosankan, proses sertifikasi akan dikemas lebih segar dan menyenangkan”. (brvs)

 

Artikel Terkait
Ibadah Haji Digelar dengan Kuota Sangat Terbatas, PBNU: Jangan Berkecil Hati
"Masih banyak ibadah dalam Islam yang imbalannya setara dengan menunaikan ibadah haji."

25 Juni 2020
Arab Saudi Izinkan Ibadah Haji Terbatas dengan Sejumlah Protokol Pencegahan Covid-19
Salah satunya adalah pembatasan jumlah haji dimana haji hanya diperbolehkan bagi jemaah dari kewarganegaraan mana pun yang saat ini sudah berada di Arab Saudi.

23 Juni 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.