Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Dirjen PHU: Gedung PLHUT Mesti Fungsional

Rabu, 05 Februari 2020 13:18 WIB


Travelumroh.id – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Nizar Ali mengatakan gedung Pelayanan Haji dan Umroh Terpadu harus dimanfaatkan dengan baik-baik untuk kepentingan Jemaah.

Hal tersebut disampaikan Nizar ketika meninjau lokasi pembangunan PLHUT di Sragen Jawa Tengah. Selasa 4 Februari 2020.

Ia juga menganjurkan bahwa PLHUT nantinya bisa menerapkan sistem one stop service atau one day service untuk memudahkan masyarakat dalam mendaftar dan mencari informasi haji dan umroh.

"Di situ nantinya ada pelayanan pendaftaran, rekam biometrik Siskohat, serta Bank Penerima Setoran (BPS). Itu semua agar bisa dilakukan dalam satu hari," katanya seperti dilansir dari laman Kemenag.

Menurut Nizar, gedung PLHUT didirikan sebagai bentuk keprihatinan Kementerian Agama (Kemenag), khususnya Ditjen PHU, karena pelayanan pendaftaran haji selama ini belum memiliki bangunan yang layak.

"Ini merupakan bentuk keprihatinan kami, karena sebagai tempat pelayanan pandaftaran haji yang langsung bersinggungan ke masyarakat tidak memiliki gedung yang layak," kata Nizar.

Maka dari itu, pihaknya langsung berkoorodinasi dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) agar bisa memanfaatkan biaya yang berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Akhirnya pada tahun 2019 lalu, pembangunan gedung PLHUT sudah didirikan di 16 lokasi.

“Tahun 2020 direncanakan akan dibangun PLHUT sejumlah 40 lokasi dan revitalisasi asrama haji yang berjumlah 10 lokasi dan tersebar di seluruh Indonesia,” pungkasnya. (brvs)

Artikel Terkait
Kemenag Batam: Jemaah Haji Sudah Mulai Proses Pembuatan Paspor
Kemenag Batam mulai melayani pembuatan paspor bagi Jemaah Calon Haji (JCH) yang akan berangkat tahun ini.

24 Februari 2020
Omnibus Law Bakal Rugikan Jemaah Umrah?
Ditentang oleh banyak pihak,salah satu sektor yang terdampak Omnibus Law adalah jemaah haji dan umroh.

24 Februari 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.