Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Konsumsi untuk Jemaah Haji 2020 Naik Menjadi 50 Kali

Senin, 10 Februari 2020 16:42 WIB


Travelumroh.id – Jemaah haji 2020 akan akan mendapat makanan sebanyak 50 kali.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily saat menjadi pembicara dalam acara Diseminasi Pengawasan Keuangan Haji: Operasional dan Sustainabilitas Keuangan Haji di Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Minggu 9 Februari 2020.

“Konsumsi akan ditambah dari 40 kali jadi 50 kali. Tambahan makan ini untuk dua hari menjelang puncak haji,” kata Ace.

Ace melanjutkan, penambahan jumlah konsumsi ini ia inisiasi saat dirinya menemukan ada Jemaah yang tidak makan pada musim haji dua tahun yang lalu.

“Kemudian yang saya laporkan ke Pak Dirjen Nizar Ali (Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah)," kata Ace.

Setelah itu, pada Oktober 2019 lalu, Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi berkomitmen mengupayakan agar konsumsi jemaah selama musim haji 2020 sebanyak 50 kali.

Sementara itu, meski konsumsi ditambah, Ace mengatakan bahwa biaya haji tahun ini tidak mengalami kenaikan.

"Biaya haji itu sebesar Rp 69 juta per jemaah. Tetapi karena ada optimalisasi dana haji yang dikelola Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) maka biaya haji menjadi Rp 35,2 juta per Jemaah, sama dengan tahun lalu," paparnya.

Kegiatan Diseminasi Pengawasan Keuangan Haji ini dihadiri Ketua MUI Kabupaten Bandung Barat, KH M. Ridwan, Kepala Bidang Haji Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat Ajam Mustajam, Kepala Kemenag Kabupaten Bandung Barat Sanukri dan diikuti para stakeholder perhajian, para tokoh agama di Bandung Barat, kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) dan perwakilan bank penerima setoran (BPS).

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan hasil pengelolaan keuangan haji yang dilakukan BPKH dan membahas masalah perhajian terkini. (brvs)

Artikel Terkait
Persiapan Jemaah di Jambi Tetap Berjalan di Tengah Ketidakpastian Ibadah Haji 2020
"Semuanya kita persiapkan mulai dari manasik hingga persiapan lainnya seperti cek kesehatan dan pembuatan paspor yang masih berlangsung."

29 Mei 2020
Jokowi Bakal Putuskan Haji 1441 H pada Juni 2020
“Awal Juni, Jokowi akan diputuskan berangkat haji atau tidak. Namun harapan kita ibadah haji tetap berjalan dan normal.”

29 Mei 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.