Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Pemerintah Cabut Moratorium Izin Travel Umroh Baru

Jumat, 14 Februari 2020 17:42 WIB


Travelumroh.id – Pemerintah resmi mencabut moratorium pengajuan izin untuk Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) atau travel umroh baru.

Sebelumnya moratorium dilakukan karena Kementerian Agama (Kemenag) masih melakukan kajian terkait sejumlah travel umroh.

Seperti dikutip dari Detik.com, izin baru untuk travel umroh merujuk pada Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 28 tahun 2020.

"Pencabutan moratorium memberikan ruang untuk berkembangnya bisnis syari'ah sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu, sistem perizinan dan pengawasan online sudah siap yang menjadi alasan membuka kembali pemberian izin PPIU," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Nizar, dalam pesan singkat pada Kamis 13 Januari 2020.

Meski begitu, kata dia, tidak semua masyarakat bisa mengajukan izin baru sebagai PPIU. Aturan tidak berlaku bagi PPIU yang izinnya telah dicabut pemerintah, karena mendapat sanksi terkait penyelenggaraan umroh dan haji khusus.

Selain itu, izin juga tidak bisa diperoleh Biro Perjalanan Wisata (BPW), yang pernah melakukan pelanggaran hukum terkait penyelenggaraan umroh dan haji khusus.

"Pihak melakukan pelanggaran dan memiliki kekuatan hukum tetap tidak dapat mengajukan izin. Ini upaya preventif dan pelindungan agar masyarakat terhindar dari perbuatan pihak yang tidak punya niat baik. Juga agar memberikan efek jera kepada mereka dan tidak ditiru yang lain," kata Nizar.

Persyaratan mendapat rekomendasi izin operasional sebagai PPIU selanjutnya diatur dalam Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh No 100 Tahun 2020. (brvs)

Artikel Terkait
Kemenag Batam: Jemaah Haji Sudah Mulai Proses Pembuatan Paspor
Kemenag Batam mulai melayani pembuatan paspor bagi Jemaah Calon Haji (JCH) yang akan berangkat tahun ini.

24 Februari 2020
Omnibus Law Bakal Rugikan Jemaah Umrah?
Ditentang oleh banyak pihak,salah satu sektor yang terdampak Omnibus Law adalah jemaah haji dan umroh.

24 Februari 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.