Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Surat Pemerintah Saudi Terkait Haji 2020 untuk Indonesia

Kamis, 19 Maret 2020 13:28 WIB


Travelumroh.id - Pemerintah Arab Saudi melalui kedutaan besarnya di Indonesia menyurati Indonesia terkait ibadah haji 2020.

Dalam surat yang ditujukan kepada Kementerian Agama RI tersebut, Saudi belum bisa memberikan kepastian soal haji tahun ini dan masih memantau perkembangan kasus virus corona atau COVID-19 yang masih terjadi di seluruh dunia.

“Sehubungan dengan hal itu (wabah virus corona atau COVID-19), saya berharap kepada Yang Mulia (pemerintah Indonesia) untuk kiranya menginstruksikan Kantor Urusan Haji negara Yang Mulia agar menunggu (bersabar) untuk menyelesaikan kewajiban baru berkaitan dengan haji tahun 1441 H hingga jelasnya wabah ini," demikian isi surat tersebut seperti dilansir dari Detik.com, pada Kamis 19 Maret 2020.

Permintaan tersebut didasarkan pada rekomendasi otoritas kesehatan, untuk menerapkan standar kehati-hatian yang tinggi demi mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19, baik penularannya secara regional maupun internasional.

Tujuan lainnya adalah memberikan perlindungan maksimal serta menerapkan standar keselamatan, untuk menjaga kesehatan para pengunjung Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Dalam surat tersebut, Pemerintah Arab Saudi juga mengatakan selalu mengikuti perkembangan virus dan dampaknya. Tindakan lain adalah meninjau upaya pencegahan sesuai dengan perkembangan terbaru terkait virus corona. Perkembangan tersebut tentunya akan disampaikan pada pemerintah Indonesia.

Sementara itu, pihak Kemenag maupun Kedubes Arab Saudi belum memberikan respons resmi.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia telah menetapkan jadwal pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) untuk jamaah haji reguler, Petugas Haji Daerah (PHD), dan Pembimbing Ibadah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU). Pelunasan Bipih dibuka dalam dua tahap.

"Tahap pertama akan dibuka dari 19 Maret sampai 17 April 2020. Sedangkan untuk tahap kedua dibuka dari 30 April sampai 15 Mei 2020," kata Direktur Pengelolaan Dana Haji Maman Saepullah Kementerian Agama. (brvs)

Artikel Terkait
Belum Ada Kepastian, Kanwil Kemenag Sulteng Tetap Layani Persiapan Calon Jemaah Haji 2020
“Untuk sementara ini belum ada putusan atau imbauan agar tidak melaksanakan layanan haji selama darurat Covid-19.

02 April 2020
Pelunasan Biaya Haji Melalui Mekanisme Non Teller Berlaku Hingga 21 April
"Kebijakan ini bersifat sementara dan akan dievaluasi kembali sesuai kebutuhan."

02 April 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.