Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Hari Pertama, 17 Ribu Lebih Jemaah Lunasi Biaya Haji 2020

Jumat, 20 Maret 2020 15:42 WIB


Travelumroh.id – Meski belum ada kepastian dari Pemerintah Arab Saudi terkait ibadah haji 2020 karena covid-19, calon Jemaah tetap melunasi biaya haji.

Jadwal pembayaran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) telah dibuka oleh Pemerintah Indonesia sejak Kamis 19 Maret 2020 kemarin.

Seperti dikutip dari laman resmi Kemenag, hingga penutupan pelunasan di hari pertama pada jam 15.00 WIB, Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah mencatat sebanyak 17.244 jemaah telah melakukan pelunasan.

"Artinya sudah 8.6% kuota jemaah haji yang sudah terlunasi sampai dengan sore ini," ujar Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin di Jakarta, Kamis.

Pelunasan biaya haji tahap pertama bagi jemaah haji reguler akan berlangsung sampai dengan 17 April 2020. Pelunasan dilakukan pada setiap hari kerja dengan waktu pembayaran untuk Indonesia Bagian Barat pukul 08.00 - 15.00 WIB, Indonesia Bagian Tengah pukul 09.00 - 16.00 WITA, dan Indonesia Bagian Timur pukul 10.00 - 17.00 WIT.

"Pelunasan biaya haji dilakukan pada Bank Penerima Setoran (BPS) tempat setoran awal dengan menunjukkan bukti pembayaran setoran awal BPIH lembar pertama. Mulai tahun ini, selain datang langsung ke Bank Penerima Setoran awal (BPS), pelunasan juga bisa dilakukan secara non teller melalui internet dan mobile banking,” jelas Muhajirin.

“Sebelum melakukan pelunasan, jemaah yang berhak melakukan pelunasan biaya haji tahun ini, agar melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas atau rumah sakit. Sebab, keterangan istitha’ah secara kesehatan, menjadi salah satu syarat melakukan pelunasan,” sambungnya.

Kemenag sendiri telah merilis daftar nama jemaah berhak lunas pada laman haji.kemenag.go.id. Daftar nama tersebut juga bisa dicek langsung di Kantor Kemenag Kab/Kota setempat.

“Untuk memudahkan jemaah, kami juga siapkan aplikasi haji pintar sehingga jemaah bisa melakukan pengecekan dari rumah masing-masing,” terangnya.

"Aplikasi haji pintar sudah tersedia di Play Store. Aplikasi tersebut bisa didownload dengan nama “Haji Pintar” dengan icon Kabah dan tulisan ‘Haji Pintar’," pungkasnya. (brvs)

 

Artikel Terkait
Belum Ada Kepastian, Kanwil Kemenag Sulteng Tetap Layani Persiapan Calon Jemaah Haji 2020
“Untuk sementara ini belum ada putusan atau imbauan agar tidak melaksanakan layanan haji selama darurat Covid-19.

02 April 2020
Pelunasan Biaya Haji Melalui Mekanisme Non Teller Berlaku Hingga 21 April
"Kebijakan ini bersifat sementara dan akan dievaluasi kembali sesuai kebutuhan."

02 April 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.