Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Saudi Lock Down, Sejumlah Jemaah Umroh Asal Indonesia Tidak Bisa Pulang

Kamis, 26 Maret 2020 15:33 WIB


Travelumroh.id – Sejumlah Jemaah umroh asal Indonesia hingga saat ini masih tertahan di Arab Saudi setelah Negara tersebut memutuskan lock down sejak 15 Maret 2020 lau.

Menurut laporan dari laman Kemenag, Jemaah tersebut berjumlah 42 orang, dimana sebanyak 39 di antara mereka menggunakan visa umroh dan tiga lainnya dengan visa ziarah.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim mengatakan bahwa pihaknya sudah meminta Panitia Penyelenggaraan Ibadah Umroh (PPIU) untuk melaporkan jemaahnya melalui sistem yang disediakan oleh Pemerintah Arab Saudi.

"Saya sudah minta ke PPIU untuk segera melaporkan jemaah yang masih di Arab Saudi agar diproses pemulangannya," tegas  Arfi Hatim di Jakarta, Kamis 26 Maret 2020.

Sementara itu, Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengatakan, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi sudah menyampaikan kesiapannya untuk memfasilitasi kepulangan jemaah umrah pasca penutupan penerbangan internasional. Namun, fasilitas itu hanya diberikan bagi jemaah umrah yang masuk Arab Saudi pada periode umrah 1441H.

Menurut Endang Jumali, untuk mendapat fasilitas tersebut, jemaah umrah yang masuk pada periode umrah 1441H harus segera lapor melalui situs https://eservices.haj.gov.sa. Setelah membuka situs tersebut, pilih tab "Overstayed registrations for Mutamers season 1441 H".

Selanjutnya, jemaah isi kolom kewarganegaraan, nomor paspor, kota keberangkatan (Jeddah/Madinah), serta nomor HP lokal di Arab Saudi.

"Ini harus segera dilakukan karena batas waktunya hanya sampai 28 Maret 2020 atau dua hari ke depan. Fasilitas ini hanya berlaku bagi WNI dengan visa umrah, namun tidak termasuk visa ziarah dan visa turis," jelasnya.

Menurutnya, Kerajaan Arab Saudi akan menyediakan pesawat penerbangan ke Indonesia dan pembebasan denda keimigrasian untuk jemaah yang telah melakukan registrasi.

"Kapan mereka pulang, info seputar waktu dan jadwal penerbangannya akan disampaikan ke nomor HP yang didaftarkan," tuturnya.

"PPIU sudah kami minta untuk segera memfasilitasi pendaftaran jemaahnya," lanjutnya. (brvs)

Artikel Terkait
Ibadah Haji Digelar dengan Kuota Sangat Terbatas, PBNU: Jangan Berkecil Hati
"Masih banyak ibadah dalam Islam yang imbalannya setara dengan menunaikan ibadah haji."

25 Juni 2020
Arab Saudi Izinkan Ibadah Haji Terbatas dengan Sejumlah Protokol Pencegahan Covid-19
Salah satunya adalah pembatasan jumlah haji dimana haji hanya diperbolehkan bagi jemaah dari kewarganegaraan mana pun yang saat ini sudah berada di Arab Saudi.

23 Juni 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.