Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Jika Haji 2020 Dibatalkan, Pengamat: Pemerintah Menghargai Nyawa Warganya

Senin, 18 Mei 2020 06:20 WIB


Travelumroh.id – Keputusan terkait ibadah haji 2020 akan diumumkan oleh Pemerintah Arab Saudi pada 20 Mei.

Apabila haji tetap dilaksanakan, Pemerintah Indonesia masih memiliki dua pilihan yakni bisa menolak atau tetap dilaksanakan.

Menurut pengamat haji dari UIN Syarif Hidayatullah, Ade Marfuddin, jika Pemerintah Indonesia menolak, itu artinya pemerintah menghargai nyawa masyarakatnya.

Pandemi Covid-19, kata dia, hingga kini masih menjadi musuh bersama yang tak kasat mata.

“Hati-hati dalam mengambil keputusan. Jangan sampai pilihan ikut serta dalam pelaksanaan haji tahun ini, berujung menghasilkan risiko yang lebih besar dan menyebarkan virus lebih luas,” kata Ade seperti dikutip dari Republika.co.id.

Meski begitu, jika dibatalkan,  pemerintah diminta segera bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan penjelasan kepada jamaah yang kecewa karena pembatalan haji.

"Fatwa dari MUI bisa keluar, bahwa tahun ini Indonesia tidak mengirimkan jamaahnya. Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan. Isthita'ah itu amanat menjaga keamanan dan kesehatan, sementara kondisi saat ini bertentangan dengan itu," katanya.

Namun, jika Pemerintah Indonesia memutuskan tetap berpartisipasi dalam penyelenggaraan ibadah haji 2020, pemerintah harus membagi jamaahnya menjadi beberapa kluster berdasarkan usia.

Pemerintah harus tegas jamaah usia berapa yang akan diberangkatkan.

Pembagian berdasarkan kluster dibutuhkan, mengingat ibadah yang akan dijalankan nantinya akan berbeda dari proses normal biasanya. Kondisi saat ini, baik di Saudi maupun Indonesia, masih di bawah bayang-bayang Covid-19 dan belum stabil.

"Karena kondisi rentan, jamaah yang berangkat setidaknya imunnya harus kuat. Ibadah haji itu imun, aamiin, dan aman," ucap Ade.

Bagi jamaah dengan risiko tinggi atau usia di atas 50 tahun, Ade menyebut sebaiknya tidak berangkat.

“Fatwa dari MUI bisa dikeluarkan sebagai sarana untuk memberikan pengertian kepada mereka,” jelasnya. (brvs)

Artikel Terkait
Persiapan Jemaah di Jambi Tetap Berjalan di Tengah Ketidakpastian Ibadah Haji 2020
"Semuanya kita persiapkan mulai dari manasik hingga persiapan lainnya seperti cek kesehatan dan pembuatan paspor yang masih berlangsung."

29 Mei 2020
Jokowi Bakal Putuskan Haji 1441 H pada Juni 2020
“Awal Juni, Jokowi akan diputuskan berangkat haji atau tidak. Namun harapan kita ibadah haji tetap berjalan dan normal.”

29 Mei 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.