Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Menag Diminta Tak Buru-Buru Batalkan Ibadah Haji 2020

Rabu, 20 Mei 2020 16:13 WIB


Travelumroh.id - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily meminta Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi tidak terburu-buru memutuskan untuk membatalkan penyelenggaraan haji 2020.

Menurut Ace, masih ada satu hari lagi dari tenggat yang disepakati antara pemerintah dan DPR. Dia minta Fachrul untuk menjalani kesepakatan tersebut.

"Sebaiknya Menteri Agama jangan mengambil keputusan yang resmi sebelum ada keterangan resmi dari pihak Arab Saudi dan tentu rapat dengan Komisi VIII DPR RI," kata Ace pada Selasa (19/5) seperti dikutip dari CNNIndonesia.

Ia juga meminta Razi untuk proaktif menanyakan kejelasan ibadah haji tahun ini ke Arab Saudi.

Meski begitu, ia mengatakan Indonesia perlu secepatnya membuat keputusan terkait pemberangkatan jemaah haji. Selain jumlah jemaah yang besar, waktu persiapan kian sedikit.

Namun, kata dia, tidak tepat jika keputusan dibuat terburu-buru. Dia meminta Fachrul untuk menggelar rapat bersama Komisi VIII DPR RI terkait hal ini.

"Kami akan meminta kepada Menteri Agama untuk segera Rapat dengan Komisi VIII untuk membahas tentang wacana tidak memberangkatkan haji tahun ini," ucapnya.

Sebelumnya, Menag Fachrul Razi membuka peluang untuk tidak memberangkatkan jemaah haji asal Indonesia tahun ini. Keputusan itu akan ia ambil jika Saudi belum kunjung memberi kabar hingga hari ini, Rabu 20 Mei. (brvs)

Artikel Terkait
Persiapan Jemaah di Jambi Tetap Berjalan di Tengah Ketidakpastian Ibadah Haji 2020
"Semuanya kita persiapkan mulai dari manasik hingga persiapan lainnya seperti cek kesehatan dan pembuatan paspor yang masih berlangsung."

29 Mei 2020
Jokowi Bakal Putuskan Haji 1441 H pada Juni 2020
“Awal Juni, Jokowi akan diputuskan berangkat haji atau tidak. Namun harapan kita ibadah haji tetap berjalan dan normal.”

29 Mei 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.