Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Pemerintah Indonesia Tunda Pengumuman Haji 2020 Hingga Awal Juni

Rabu, 20 Mei 2020 16:30 WIB


Travelumroh.id - Kementerian Agama (Kemenag) kembali menunda pengumuman haji 2020 menjadi awal Juni.

Sebelumnya, pemerintah berkomitmen memastikan ibadah haji dilaksanakan atau tidak pada 13 Mei, yang kemudian ditunda menjadi 20 Mei.

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan, penundaan ini dilakukan setelah mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo.

Dalam arahannya, kata dia, Jokowi meminta supaya batas penyampaian pengumuman diundur dengan harapan ada perkembangan baik di Indonesia dan Arab Saudi terkait rencana penyelenggaraan ibadah haji dan wabah Covid-19.

"Semoga ada perkembangan baik terkait penanganan Covid-19 baik di Indonesia maupun Arab Saudi," kata Fachrul melalui seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (20/5/2020).

Sementara itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Nizar Ali mengatakan, Kerajaan Arab Saudi berencana menyampaikan pengumuman resmi terkait penyelenggaraan haji 1441 Hijriah pada akhir Ramadhan.

"Saya juga sudah bersurat ke Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI agar bisa ikut mengomunikasikan masalah kepastian haji tahun ini melalui Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta," ujar dia.

Nizar mengatakan, apapun keputusan Arab Saudi terkait haji 2020, Kemenag siap menjalankannya. (brvs)

 

                       

 

 

Artikel Terkait
Persiapan Jemaah di Jambi Tetap Berjalan di Tengah Ketidakpastian Ibadah Haji 2020
"Semuanya kita persiapkan mulai dari manasik hingga persiapan lainnya seperti cek kesehatan dan pembuatan paspor yang masih berlangsung."

29 Mei 2020
Jokowi Bakal Putuskan Haji 1441 H pada Juni 2020
“Awal Juni, Jokowi akan diputuskan berangkat haji atau tidak. Namun harapan kita ibadah haji tetap berjalan dan normal.”

29 Mei 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.