Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Komnas Haji Desak Pemerintah Tunda Ibadah Haji 2020

Jumat, 22 Mei 2020 17:40 WIB


Travelumroh.id – Komisi Nasional (Komnas) Haji mendesak Presiden Joko Widodo untuk menunda ibadah haji tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komnas Haji dan Umrah Mustolih Siradj sebagai tanggapan atas pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan penurunan di seluruh dunia.

"Pemerintah mesti menunda tanpa menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi, seharusnya Presiden sebagai kepala pemerintahan dari sebuah negara yang berdaulat secepatnya mengambil kebijakan demi keselamatan jiwa ratusan ribu jemaah berikut ribuan petugas," kata Mustolih seperti dikutip Kompas.com Jumat 22 Mei 2020.

Menurutnya, protokol Covid-19 seperti social dinstancing atau physical distancing pada saat ibadah haji, terutama pada saat agenda-agenda krusial seperti thawaf, wukuf, atau sa’I sulit diterapkan.

Apalagi, kata dia, prosesi lempar jumrah yang akan mempertemukan 1,3 juta orang dari berbagai penjuru dunia berkumpul pada saat yang bersamaan.

"Siapa yang akan bertanggung jawab dan bisa menjamin bila ratusan ribu orang tersebut tidak terinveksi Covid-19 baik dalam proses di Tanah Air maupun manakala berada di Arab Saudi," ujar Mustolih.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) menunda pengumuman kepastian penyelenggaraan haji tahun 2020, dari yang semula dijadwalkan 20 Mei menjadi awal Juni.

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, penundaan ini dilakukan setelah mendapat arahan dari Jokowi.

Dalam arahannya, Jokowi meminta supaya batas penyampaian pengumuman diundur dengan harapan ada perkembangan baik di Indonesia dan Arab Saudi terkait rencana penyelenggaraan ibadah haji dan wabah Covid-19.

"Semoga ada perkembangan baik terkait penanganan Covid-19 baik di Indonesia maupun Arab Saudi," kata Fachrul pada Rabu (20/5/2020). (brvs)

 

Artikel Terkait
Ibadah Haji Digelar dengan Kuota Sangat Terbatas, PBNU: Jangan Berkecil Hati
"Masih banyak ibadah dalam Islam yang imbalannya setara dengan menunaikan ibadah haji."

25 Juni 2020
Arab Saudi Izinkan Ibadah Haji Terbatas dengan Sejumlah Protokol Pencegahan Covid-19
Salah satunya adalah pembatasan jumlah haji dimana haji hanya diperbolehkan bagi jemaah dari kewarganegaraan mana pun yang saat ini sudah berada di Arab Saudi.

23 Juni 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.