Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Begini Kondisi Covid-19 di Saudi di Tengah Penantian Pengumuman Kepastian Ibadah Haji

Jumat, 22 Mei 2020 17:43 WIB


Travelumroh.id – Ibadah haji tahun ini masih tidak pasti lantaran belum ada tanda-tanda penurunan pasien Covid-19 di seluruh dunia.

Di Arab Saudi, situasi juga belum aman dan kondusif. Berdasarkan data Worldometers, hingga 18 Mei 2020, sudah ada 57.345 kasus positif Corona di Arab Saudi.

Dari jumlah tersebut, 320 jiwa meninggal dunia dan 28.748 pasien sembuh. Artinya, masih ada 28.277 pasien Covid-19 yang dirawat di Saudi.

Arab Saudi saat ini sudah berada di peringkat 15 dalam daftar negara yang memiliki jumlah pasien Covid-19 terbanyak di dunia.

Terkait hal ini, Kementerian Agama (Kemenag) hingga saat ini belum menetapkan jadwal keberangkatan calon jemaah haji.

Pada Rabu, 20 Mei 2020, Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi mengatakan menunda pengumuman kepastian ibadah haji hingga awal Juni.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Razi mengatakan penundaan pengumuman kepastian haji ini dilakukan berdasarkan arahan dari Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Ketua Komnas Haji dan Umrah Mustolih Siradj mengatakan, seharusnya, sebagai Kepala Negara, Jokowi dapat mengambil keputusan sendiri tanpa menunggu kepastian dari Pemerintah Arab Saudi terkait hal ini.

"Mendorong agar Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Agama segera mengambil kebijakan tegas dengan menunda pengiriman misi haji Indonesia tahun 2020 karena pandemi Covid-19," kata Mustolih melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (22/5/2020). (brvs)

 

Artikel Terkait
‘Umroh Indonesia’, Buku yang Dirilis Kemenag untuk Jemaah Tanah Air
Buku ini juga mencoba menghadirkan kembali spirit penyelenggaraan umrah di masa nabi, khususnya pada fase Hudaibiyah.

31 Desember 2020
Saudi Bakal Siapkan Kartu Pintar Baru untuk Jemaah Haji, Begini Manfaatnya!
Kartu tersebut diluncurkan untuk memudahkan pelayanan bagi jamaah menggunakan fitur teknologi canggih.

29 Desember 2020
© 2021 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.