Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Arab Saudi Disebut Tetap Membuka Pintu Haji Tahun 1441 H

Selasa, 09 Juni 2020 10:06 WIB


Travelumroh.id - Pemerintah Arab Saudi disebut akan tetap membuka pintu bagi Jemaah seluruh dunia untuk melaksanakan ibadah haji 1441 H.

Meski begitu, kembali membuka pintu haji di tengah pandemi membuat Saudi mesti menyiapkan sejumlah protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Seperti dilansir dari Reuters, Senin (8/6), dua sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan, pihak berwenang Saudi saat ini tengah mempertimbangkan untuk memberikan "hanya angka simbolis" untuk berhaji tahun ini.

Ia mengatakan, kebijakan ini akan diambil dengan sejumlah pembatasan ketat, termasuk larangan jemaah yang berusia lanjut dan pemeriksaan kesehatan tambahan.

Tak hanya itu, ada kemungkinan jemaah haji regular juga masih tetap bisa berhaji tahun ini, meski jumlahnya akan dipangkas secara drastis.

“Dengan prosedur yang ketat, pihak berwenang berpikir untuk memungkinkan hingga 20% dari kuota jemaah reguler masing-masing negara,” jelas sumber lain.

Sementara itu, beberapa pejabat di Saudi masih terus mendesak pembatalan pelaksanaan ibadah haji tahun ini, yang diperkirakan akan dimulai akhir Juli, demikian kata tiga sumber lain.

Namun, jelasnya, hingga kini Kantor media pemerintah Arab Saudi dan juru bicara Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi belum memberikan komentar mengenai hal ini.

Sementara itu, pemerintah Indonesia sudah memutuskan tidak memberangkatkan Jemaah haji pada 2 Juni 2020 lalu.

Keputusan tersebut dikeluarkan oleh Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi merujuk pada arahan Presiden Joko Widodo dan anjuran dari beberapa Kementerian terkait.

Di Arab Saudi, merujuk pada data Kementerian Kesehatan setempat menyatakan pada Senin (8/6), ada 3.369 kasus baru Covid-19 yang telah dikonfirmasi di wilayah Arab Saudi. Dengan tambahan kasus baru ini, jumlah totalnya menjadi 105.283 kasus, termasuk 30.013 kasus aktif yang menerima perawatan medis yang diperlukan.

Dari jumlah tersebut, ada 1.632 kasus kritis, sementara kondisi kesehatan sisanya stabil. Sebanyak 1.707 kasus telah pulih, sehingga total pemulihan menjadi 74.524 (brvs)

Artikel Terkait
Ibadah Haji Digelar dengan Kuota Sangat Terbatas, PBNU: Jangan Berkecil Hati
"Masih banyak ibadah dalam Islam yang imbalannya setara dengan menunaikan ibadah haji."

25 Juni 2020
Arab Saudi Izinkan Ibadah Haji Terbatas dengan Sejumlah Protokol Pencegahan Covid-19
Salah satunya adalah pembatasan jumlah haji dimana haji hanya diperbolehkan bagi jemaah dari kewarganegaraan mana pun yang saat ini sudah berada di Arab Saudi.

23 Juni 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.