Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Apabila Ibadah Haji Tetap Dijalankan, Saudi Pangkas 20 Persen Kuota Jemaah Per Negara

Kamis, 11 Juni 2020 10:27 WIB


Travelumroh.id - Pemerintah Arab Saudi kemungkinan akan tetap membuka pintu haji tahun ini namun dengan pembatasa kuota untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Seperti dilansir dari Reuters, Selasa (9/6/2020), sekitar 2,5 juta umat Islam menunaikan ibadah haji setiap tahunnya, dan memberikan penghasilan sekitar 12 miliar USD tiap tahun ke Saudi.

Namun wabah virus corona yang saat ini mencapai 100.000 kasus di Saudi membuat kerajaan itu bersikap hati-hati. Saudi juga masih menahan rencana haji dan menghentikan umrah hingga informasi lebih lanjut.

“Dengan prosedur ketat, otoritas berpikir kemungkinan mengizinkan hingga 20% dari kuota regular tiap negara,” demikian pernyataan salah satu sumber.

Sementara sumber lain menjelaskan, “beberapa pejabat masih mendorong pembatalan haji, yang seharusnya dimulai pada akhir Juli.” 

Pada 2019, sebanyak 19 juta orang melakukan umrah dan haji menarik 2,6 juta orang. Pemerintah berupaya menambah kapasitas umrah dan haji menjadi 30 juta orang setiap tahun dan menghasilkan pendapatan USD13,32 miliar pada 2030. (brvs)

Artikel Terkait
Ibadah Haji Digelar dengan Kuota Sangat Terbatas, PBNU: Jangan Berkecil Hati
"Masih banyak ibadah dalam Islam yang imbalannya setara dengan menunaikan ibadah haji."

25 Juni 2020
Arab Saudi Izinkan Ibadah Haji Terbatas dengan Sejumlah Protokol Pencegahan Covid-19
Salah satunya adalah pembatasan jumlah haji dimana haji hanya diperbolehkan bagi jemaah dari kewarganegaraan mana pun yang saat ini sudah berada di Arab Saudi.

23 Juni 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.