Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Dipimpin Ketum Baru, Amphuri Berharap Jemaah Umroh yang Gagal Berangkat Akibat Covid-19 Jadi Prioritas

Senin, 05 Oktober 2020 15:07 WIB


Travelumroh.id – Di bawah pemimpin Ketua Umum (Ketum) baru, Firman M Nur, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) berharap pemerintah memprioritaskan keberangkatan umroh bagi Jemaah yang tunda ke Saudi karena Covid-19.

Hal ini menyusul kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang mulai mengizinkan jemaah umrah dari luar negeri masuk ke negaranya, meski hanya diperuntukkan bagi negara yang dianggap aman dan mampu menekan kasus Covid-19.

“Kalau jumlahnya mungkin ada kisaran 2 sampai 3 ribuan jemaah yang tertunda keberangkatannya di Sulawesi Selatan untuk periode masa umrah kemarin,” ucap Wakil Ketua DPP Amphuri, M Azhar Gazali, Jumat (2/10/2020).

Azhar juga mengakui bahwa sejak Februari hingga April 2020, pihaknya tidak memberangkatkan calon jamaah umrah sama sekali.

“Walaupun ibadah haji tetap dilaksanakan pun juga tentu dengan jumlah yang sangat terbatas yang tadinya 2,5 juta jamaah haji turun jauh drastis hanya sekitar 10 ribu jamaah,” bebernya.

Sayangnya, kata dia, Saudi hingga kini belum memutuskan sejumlah Negara yang bisa memberangkatkan Jemaah umroh ke negaranya, termasuk Indonesia.

“Kita harap Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden Jokowi bisa melobi Pemerintah Arab Saudi agar calon jemaah umrah bisa menuju Baitullah sesuai harapan mereka,” tutupnya.

Seperti diketahui, Firman M Nur ditetapkan sebagai ketua umum Amphuri Periode 2020-2024 melalui Musyawarah Nasional (Munas) V Amphuri.

Munas tersebut digelar di Kota Batu, Malang pada 18-20 September 2020 lalu. (brvs)

 

Artikel Terkait
Pemerintah Percepat Persiapan Mitigasi untuk Haji dan Umroh 2021
"Perintah Menag, untuk segera melakukan konsolidasi untuk memetakan prioritas program terdekat (haji dan umroh) yang harus diselesaikan dalam tiga bulan ke depan."

22 Oktober 2020
Kemenag Diminta untuk Tetap Berangkatkan Jemaah Umroh Berusia di Atas 65 Tahun
"Kami sudah menunggu mulai bulan Maret hingga sekarang yang terhitung sudah hampir 9 bulan untuk datang ke Baitullah dan sowan ke makam Nabi Muhammad SAW.”

21 Oktober 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.