Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Kemenag Diminta Perjuangkan Umroh 2020 dan Haji 2021

Rabu, 14 Oktober 2020 11:04 WIB


Travelumroh.id - Kementerian Agama (Kemenag) harus memperjuangkan pelaksanaan umroh yang akan dibuka pada November 2020 dan haji pada 2021 agar bisa diisi jemaah dari Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW) dalam teleconference kegiatan Jagong Masalah Haji dan Umrah (Jamarah) di Jakarta pada Selasa 13 Oktober 2020.

"Pelaksanaan haji dan umrah harusnya bisa diikuti oleh jemaah dari Indonesia. Karena itu pemerintah perlu memanfaatkan setiap peluang yang ada agar jemaah Indonesia dapat kembali melaksanakan ibadah umrah dan haji secepatnya," ujar HNW dalam keterangannya.

"Kami di Komisi VIII DPR juga berulang kali menyampaikan ke Menteri Agama untuk setiap peluang yang dibukakan oleh Kerajaan Saudi Arabia, agar Kemenag memaksimalkan lobi dan mengkomunikasikan secara efektif dengan pihak Arab Saudi," imbuhnya.

HNW juga meyakini bahwa pelaksanaan umrah dan haji bisa diteruskan untuk jemaah Indonesia karena selama ini mereka dikenal memiliki citra positif, terutama pada saat pelaksanaan ibadah haji.

"Jemaah kita dilihat oleh jemaah negara lain sebagai jemaah yang tertib, teratur dan taat kepada peraturan. Ini yang perlu dijaga dan menjadi poin lebih yang harus dikomunikasikan dengan pemerintah Arab Saudi," tambahnya.

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi mengumumkan akan membuka kembali ibadah umrah pada November 2020. Namun salah satu ketentuannya adalah umrah hanya bisa dilakukan satu kali per jemaah.

Meski masih menunggu keputusan terkait negara mana yang bisa melakukan umrah, Kemenag optimis jemaah Indonesia bisa diperbolehkan. Pasalnya, saat ini hanya 3 negara yang warga negaranya tidak boleh masuk ke Arab Saudi karena penanganan COVID-19 yang buruk, yakni India, Brazil, dan Argentina. (brvs)

Artikel Terkait
Pemerintah Percepat Persiapan Mitigasi untuk Haji dan Umroh 2021
"Perintah Menag, untuk segera melakukan konsolidasi untuk memetakan prioritas program terdekat (haji dan umroh) yang harus diselesaikan dalam tiga bulan ke depan."

22 Oktober 2020
Kemenag Diminta untuk Tetap Berangkatkan Jemaah Umroh Berusia di Atas 65 Tahun
"Kami sudah menunggu mulai bulan Maret hingga sekarang yang terhitung sudah hampir 9 bulan untuk datang ke Baitullah dan sowan ke makam Nabi Muhammad SAW.”

21 Oktober 2020
© 2020 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.