Home Paket Umroh Hubungi Kami Tentang Kami

Terkait Haji 2021, Indonesia Masih Tunggu MoU dari Pemerintah Saudi

Jumat, 11 Desember 2020 14:39 WIB


Travelumroh.id – Pemerintah Indonesia hingga saat ini belum bisa memberikan kepastian terkait ibadah haji tahun 2021.

Menurut Pelaksana Tugas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Plt Dirjen PHU) Oman Fathurahman, ketidakpastian ini lantaran belum ada kejelasan dari pihak Arab Saudi terkait kelanjutan dari Memorandum of Understanding (Nota Kesepahaman) tentang haji.

“Sampai sekarang belum ada informasi resmi dari pihak Saudi,” ujar Oman seperti dikutip dari Republika.co.id, Jumat (11/12).

Meski begitu, Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan upaya untuk menindaklanjuti MoU Haji, salah satunya dengan terus melakukan komunikasi dengan otoritas Saudi.

“Kami terus melakukan komunikasi dengan otoritas di Saudi,” ujarnya.

Kemenag juga belum bisa menentukan dengan pasti kapan MoU ini dapat ditandatangani.

“Tergantung Saudi,” kata Oman.

Sebelumnya, Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Ramadhan Harisman mengatakan tahapan pertama dari siklus penyelenggaran ibadah haji adalah Memorandum of Understanding (Nota Kesepahaman) tentang haji, salah satu butir pertama pembahasan dari MoU tersebut adalah besaran kuota haji.

"MoU tentang haji itu dilaksanakan antara Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi dengan perwakilan dari misi misi haji seluruh dunia, kalau Indonesia diwakili oleh Menteri Agama Republik Indonesia," ujarnya.

Ramadhan mengatakan bahwa  penyelenggaraan ibadah haji untuk 2020, MoU dilaksanakan pada tahun 2019 di awal bulan Desember dan tahun ini bisa jadi diawal bulan Desember atau akhir bulan November.

"Artinya kuota haji Indonesia untuk 2021 baru bisa diketahui setelah MoU, jadi kalau ada informasi kuota haji kita naik, tetap atau berkurang tahun depan tidak benar, kapan kita baru bisa meyakini kebenarannya itu setelah MoU, jadi mohon bersabar kita berharap kuota kita tetap bahkan bertambah, kepastiannya nanti setelah MoU," ujar Ramadhan. (brvs)

 

Artikel Terkait
Beredar Kabar Pemerintah Bakal Atur Dana Umroh, Begini Tanggapan Kemenag
Ada kemungkinan soal rencana tersebut, namun penampungan rekening itu masih dalam tahap pembahasan.

07 Maret 2021
Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Umroh dan Haji 2021
Arab Saudi mulai membuka peluang untuk pelaksanaan ibadah umroh dan haji 2021.

04 Maret 2021
© 2021 TRAVELUMROH.ID. All rights reserved.